Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S903Id9x Under Creative Commons License: Attribution

Tuesday, September 27, 2016

hak dan kewajiban siswa di sekolah

salam sejahtera bagi kita semua..

sebagai manusia yang berbudi luhur dan berakal, kita pasti dihadapkan pada hak dan kewajiban kita sebagai bagian dari suatu komunitas atau kelompok tertentu. sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri dan memenuhi setiap kebutuhan hidup kita sendiri, karena kita pasti membutuhkan campur tangan dan bantuan orang lain. Tidak jarang dalam kelompok tertentu memiliki aturan-aturan yang harus ditaati oleh setiap anggotanya. aturan-aturan itu barang tentu tidak dibuat tanpa maksud dan tujuan untuk menjaga eksistensi kelompok tersebut.

hak dalam kamus besar bahasa indonesia berarti "Benar", menurut istilah hak adalah sesuatu yang benar-benar menjadi milik seseorang. contohnya, dalam UUD 45 pasal 29 setiap warga negara berhak memeluk agama sesuai yang dia yakini. contoh lain adalah setiap warha negara berhak memperoleh pendidikan dan mendapatkan pengajaran. lalu apa itu kewajiban.

kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus. jadi kewajiban adalah sesuatu hal yang harus dipenuhi atau dilaksanakan oleh seseorang. kewajiban ini dibuat guna mencapai tujuan tertentu. semisal sebagai makhluk hidup kita wajib untuk makan, karena makan akan memeberikan energi dan menjaga stabilitas tubuh kita. apabila tidak makan maka kita akan sakit bahkan mati. 

dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa seseorang agar mendapatkan haknya, maka harus melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu. dicontohkan diatas, kita berhak untuk sehat, namun agar menjadi sehat salah satunya kita wajib untuk makan. dari pengertian itu juga dapat diambil pemahaman, bahwa seseorang yang tidak melaksanakan kewajiban pasti akan mendapatkan ganjaran atau hukuman. 

lalu apa hak dan kewajiban seorang pelajar di sekolah.

sebagai seorang pelajar atau siswa di sekolah, tentu memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh siswa. hak siswa dalam hal ini adalah hal-hal yang akan didapatkan di dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. sedangkan kewajiban siswa dalam hal ini adalah segala hal yang harus dilaksanakan atau dipenuhi oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar, agar mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan baik dan lancar.

berikut ini contoh hak seorang pelajar di sekolah:

  • berhak mengikuti pendidikan yang baik sesuai dengan program pendidikan yang berlaku.
  • berhak mendapatkan pengajaran sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
  • berhak menggunakan semua fasilitas yang ada di sekolah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
  • berhak mendapatkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu.
  • berhak mendapatkan bimbingan guru dalam mengembangkan dirinya.
  • berhak mengikuti kegiatan evaluasi pada akhir semester atau berhak mendapatkan penilaian hasil belajar.
  • berhak mendapatkan pelayanan khusus bagi penyandang cacat.
  • berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pengajar yang seagama.
  • pindah ke program pendidikan pada jalur dan satuan pendidikan lain yang setara.
berikut ini adalah contoh kewajiban yang harus dipenuhi siswa di sekolah:

  • menjaga norma-norma pendidikan untuk menjamin keberlangsungan proses dan keberhasilan pendidikan.
  • ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan, kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • mentaati tata tertib sekolah.
  • menghormati guru sebagai seorang pendidik.
  • menjaga dan memelihara sarana prasarana atau fasilitas sekolah.
beberapa hal diatas adalah beberapa contoh hak dan kewajiban siswa di sekolah. mengapa hak dan kewajiban siswa itu harus dipenuhi. hal tersebut karena demi tercapainya tujuan pendidikan serta lancarnya proses kegiatan belajar dan mengajar yang ada di suatu satuan pendidikan atau sekolah.

sedikit saja tulisan ini, semoga bermanfaat.. mohon tuliskan saran dan kritik di kolom komentar untuk kemajuan saya dalam menulis, serta bahan evaluasi saya dalam mengembangkan diri. salam sejahtera dan terimakasih..




No comments:

Post a Comment