Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S903Id9x Under Creative Commons License: Attribution

Thursday, September 29, 2016

tata tertib sekolah dan penanganannya

salam sejahtera bagi kita semua...

penangan tata tertib sekolah memang mutlak harus dikakukan untuk menjamin kelancaran kegiatan belajar dan mengajar serta menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. namun tidak jarang pelaksanaan tata tertib sekolah menimbulkan permasalahan yang panjang. contohnya kasus-kasus guru yang dipidanakan leh orang tua siswa, merupakan contoh penanganan tata tertib yang menimbulkan masalah yang panjang.

bagaimana tips yang harus dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi..

  • sebaiknya tata tertib dibuat melalui forum rapat dewan guru, lebih baik lagi kalau memungkinkan melibatkan komite sekolah. tujuannya agar semua dewan guru memahami dan ikut merasa bertanggung jawab terhadap penangan tata tertib sekolah.
  • kedua, tata tertib dibuat berdasarkan visi dan misi sekolah, serta sasaran mutu sekolah agar sejalan dengan tujuan sekolah.
  • ketiga, tata tertib disesuaikan dengan kondisi siswa, baik kemampuan intelektual, sosial, ekonomi, serta budaya masyarakat. perlu hati-hati untuk sekolah umum (non agama) tidak boleh membuat peraturan yang tendensius karena itu melanggar undang-undang.
  • sekecil bentuk hukuman harus dibuat secara tertulis, misal, apabila siswa terlambat 10 menit akan mendapat sanksi menyapu halaman. apalagi sanksi yang berupa hukuman fisik semisal, lari lapangan, push up alangkah baiknya untuk dihindari, seandainya memang sangat perlu harus ditulis di dalam tata tertib.
  • setelah memiliki sebaiknya disosialisasikan kepada orang tua dan calon peserta didik ketika akan masuk ke sekolah kita. 
  • orang tua dan siswa diminta untuk membuat surat pernyataan akan mematuhi peraturan dan tidak akan menuntut secara hukum atas penanganan tata tertib di sekolah selama sesuai dengan isis tata tertib sekolah. dan apabila memungkinkan bermaterai, serta diarsib secara benar selama siswa masih menjadi siswa sekolah kita. dengan maksud apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita dapat menunjukkan tata tertib tersebut.
  • setiap perubahan tata tertib harus melalui forum rapat dan disosialisasikan kepada orang tua serta siswa.
  • menegakkan sanksi pelanggaran harus sesuai dengan isi tata tertib, dan tidak dibenarkan berinisiatif memberi sanksi diluar tata tertib. karena rawan dituntut secara hukum. selain itu apabila dalam penanganan tidak sesuai, maka kredibilitas serta tata tertib akan dipandang sebelah mata oleh siswa. contohnya, ditempat saya apabila siswa membawa HP disita selama satu bulan, maka dengan alasan apapun saya tetap tidak akan saya kembalikan sebelum satu bulan, bahkan anak guru disekolah saya sendiri. 
mungkin hal tersebut dapat dijadikan masukan.. berikut ini akan saya berikan contoh tata tertib, akumulasi skor poin pelanggaran, dan surat perjanjian orang tua dan siswa untuk mentaati tata tertib.
  1. contoh tata tertib sekolah
  2. contoh skor poin dan sanksi pelanggaran
  3. contoh format catatan pelanggaran tata tertib
  4. contoh surat perjanjian orang tua dan siswa untuk mentaati tata tertib sekolah
baca juga :

HAK DAN KEWAJIBAN SISWA DI SEKOLAH

semoga bermanfaat.. 
tolong share atau klik icon G+ apabila menurut anda postingan ini baik dan bermanfaat agar orang lain bisa ikut membacanya.. terimakasih..

No comments:

Post a Comment