Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S903Id9x Under Creative Commons License: Attribution

Monday, October 31, 2016

membangun motivasi berprestasi pada siswa

salam sejahtera buat kita semua...


saat ini remaja dihadapkan pada era dimana manusia diberikan kemudahan-kemudahan dan kesenangan serta pragmatisme yang tinggi. ada yang bisa memanfaatkan momentum ini dengan sangat baik namun banyak sekali remaja yang justru terlena dengan kondisi saat ini. bagaimana tidak sosial media, gadget, kendaraan bermotor adalah sesuatu yang dirasa wajib bagi mereka. namun hal tersebut tidak dimanfaatkan untuk mengembangkan diri mereka, justru menghambat para remaja untuk berkembang dan berprestasi.

rata-rata remaja saat ini memiliki motivasi yang rendah dalam berprestasi, karena realita dilapangan remaja memiliki kemauan yang sangat rendah dalam belajar, banyak siswa yang merasa ogah-ogahan ketika belajar di kelas. dan menjadikan sekolah sebagai wahana untuk mencari teman serta mencari identitas sebagai pelajar tanpa memahami serta melaksanakan tanggung jawab sebenarnya sebagai seorang pelajar.

disisi lain seorang siswa dituntut untuk bisa berprestasi sesuai kapasitas dan bidang yang ia kuasai. prestasi sendiri adalah suatu capaian atau hasil dari usaha sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuannya. secara umum orang menilai prestasi adalah juara atau terbaik dari orang lain. namun sebenarnya prestasi bagi setiap individu adalah peningkatan hasil dari usaha yang sungguh-sungguh dalam mencapai tujuan. penulis selalu mencontohkan kepada siswa. kalau kita merasa kemampuan kita hanya bernilai 60 maka usahakan dengan sungguh-sungguh agar paling tidak kita bisa mendapatkan nilai 70 atau 75. sudut pandang yang benar ini tentunya harus ditanamkan pada siswa agar siswa menjadi tidak minder tetapi yakin setiap orang memiliki perbedaan sehingga pada akhirnya punya motivasi untuk meningkatkan diri secara terus menerus.

lalu motivasi itu apa..? motivasi sering diartikan dengan dorongan. jadi bisa juga dipahami bahwa motivasi itu adalah keadaan dimana seseorang merasa ingin melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. dari sini dapat dipahami bahwa motivasi akan ditunjukkan dalam perilaku.

tumbuhnya motivasi sendiri tidak lepas dari kebutuhan seseorang. semisal, saya lapar.. saya ingin makan.. maka akan tumbuh dorongan pada diri saya untuk mencari makanan yang bisa menghilangkan rasa lapar saya.

orang yang termotivasi akan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. orang yang termotivasi tidak mudah menyerah, bahkan jika mengalami kegagalan dia tidak akan putu asa, dan belajar dari kegagalan untuk berusaha lebih baik lagi. orang yang termotivasi selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang ia sudah dapatkan sekarang. jadi orang yang termotivasi pasti tidak mudah bosan.

lalu apa motivasi berprestasi itu..? disini penulis menyimpulkan sendiri bahwa motivasi berprestasi adalah dorongan dimana seseorang ingin selalu berusaha dan bersungguh-sungguh dalam mencapai tujuan tertentu.

apabila dikaitkan dengan prestasi di sekolah maka motivasi berprestasi dapat diartikan sebagai dorongan dalam diri seorang siswa sehingga ia selalu berusaha secara terus menerus untuk meningkatkan standar dirinya di sekolah sehingga dapat berkembang sebagai pribadi yang unggul.

terus bagaimana cara menumbuhkan motivasi berprestasi..? kita semua tahu bahwa motivasi merupakan salah satu modal pokok dalam meraih kesuksesan. motivasi harus ditumbuhkan dan dijaga terus menerus. khususnya bagi siswa bagaimana caranya..?

  • impikan tujuan akhir dari sekolahmu, alasan seorang sekolah tentunya tidak mencari teman, belajar bersosialisasi, sekedar pintar pelajaran atau lebih buruk lagi hanya karna anak seusia saya seharusnya sekolah. artinya kamu tidak tahu untuk apa sekolahmu itu. mulailah kamu berpikir sekolahmu itu akan kamu gunakan untuk apa, semisal saya sekolah agar saya bisa mandiri nantinya ketika saya dewasa. atau saya berkembang menjadi pribadi yang mantap.
  • pikirkan sesuatu yang dapat menumbuhkan gairahmu. sesuatu yang menarik dalam pikiranmu akan membuat kamu lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu dan berusaha untuk memecahkan seriap masalah yang dihadapi.
  • tentukan target yang masuk akal setiap hari. usahakan setiap hari kamu harus ada peningkatan walaupun cuma sedikit. target akan membuat peningkatan kamu lebih terukur. target yang masuk akal adalah pencapaian yang sangat mungkin bisa kamu raih. sehingga usaha kamu semakin terasa mudah. jika target kamu terlalu berat kamu akan merasa kesulitan dalam setiap usahamu dan sangat mungkin kamu akan bosan serta putus asa karena kamu tidak bisa memenuhi keinginanmu.
  • tingkatkan rasa percaya diri. keyakinan pada diri sendiri akan membuat kamu merasa tidak ragu-ragu dalam setiap kamu mengambil keputusan dan melakukan sesuatu.
baca juga
  • tanamkan dalam jiwa bahwa masa depan ditentukan hari ini. mengingat bahwa prestasi tidak bisa terwujud begitu saja, dan membutuhkan proses. maka kita harus selalu menyadari bahwa setiap hari yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita.
  • tuntaskan tugas yang kamu hadapi. setiap hari kamu akan menghadapi setiap tugas dan aktivitas. usahakan untuk selalu menyelesaikan setiap tugas dan laksanakan dengan sebaik-baiknya. dengan membiasakan selalu menyelesakan setiap tugas, secara tidak langsung kamu belajar bertanggung jawab serta belajar memnuhi target-target yang akan kamu hadapi.
  • evaluasi apa yang sudah kamu lakukan setiap hari. dengan selalu memikirkan sisi baik dan buruk, keberhasilan dan kegagalan kamu setiap hari, maka kamu akan tahu seberapa besar lagi usahamu dan langkah apa lagi yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mencapai tujuanmu.
dari pembahasan diatas dapat kita lihat bagaimana sangat pentingnya motivasi berprestasi bagi setiap siswa, karena ini akan menentukan keberhasilan setiap siswa dalam memenuhi tugas perkembangannya. 

baca juga
tugas perkembangan peserta didik

untuk itu sangat penting bagi setiap siswa memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. karena orang yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan selalu bekerja keras, tahan terhadap tekanan, berorientasi masa depan, tidak mudah putus asa, dan suka terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

semangat belajar untuk diri sendiri demi masa depan yang baik.
semoga bermanfaat, jika merasa artikel ini bermanfaat tolong klik tanda G+, agar orang lain tahu bahwa artikel ini berguna. terimakasih..

No comments:

Post a Comment