Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S903Id9x Under Creative Commons License: Attribution

Tuesday, September 27, 2016

tata tertib sekolah

salam sejahtera bagi kita semua...


sekolah sebagai satuan pendidikan menjadi salah satu tempat bagi sekelompok orang untuk bersosialisasi dan berhubungan antara satu individu dengan individu lainnya. di dalam lingkungan sekolah terdapat banyak individu dengan berbagai karakter. selain itu sekolah sebagai satuan pendidikan memiliki tujuan yang akan dicapai, salah satunya adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan lancar. untuk mencapai tujuan tersebut maka seorang siswa harus bisa memenuhi hak dan kewajiban siswa

di lingkungan sekolah kewajiban siswa yang harus dipenuhi salah satunya adalah mentaati tata tertib sekolah. apa itu tata tertib sekolah...?

tata dalam kamus besar Bahasa Indonesia berarti aturan, kaidah atau susunan. sedangkan tertib berarti teratur, rapi, atau sopan. itu berarti tata tertib sekolah  adalah suatu aturan atau petunjuk untuk membuat sekolah menjadi rapi dan teratur serta membentuk siswa yang yang berkepribadian baik, sehat jasmani dan rohani, berketrampilan serta mandiri. 

persepsi yang salah dari siswa bahkan masyarakat mengenai tata tertib sering tidak tepat. tidak jarang orang menganggap tata tertib dianggap sebagai sesuatu hal yang menekan dan menghambat seseorang. hal ini dirasa tata tertib memberatkan seorang siswa di sekolah, dan sering siswa merasa tidak tahan dengan aturan atau tata tertib sekolah. 

sebagai seorang pendidik kita harus meluruskan pola pikir siswa yang tidak tepat mengenai tata tertib. dan harus memberikan analogi yang tepat untuk menjelaskan tata tertib agar diterima baik oleh siswa. misalnya hukuman seberat apapun tidak akan berpengaruh pada kita karena kita tidak mau melanggarnya. jadi apa yang perlu ditakutkan dengan sanksi dari tata tertib selama dalam diri kita tidak mau dan tidak akan melanggarnya, dan berperilaku yang wajar-wajar atau berperilaku baik di lingkungan sekolah.

tata tertib sekolah dibuat bukan untuk memberatkan siswa, tetapi sebagai batasan perilaku dan moral siswa di sekolah. jadi setiap siswa yang tidak melanggar tata tertib sudah dianggap seorang siswa yang bermoral baik di sekolah. karena perilaku dan moral tidak yang baik tidak bisa didapat begitu saja, harus diperoleh melalui pembiasaan. dan sekolah selain memberikan pengetahuan intelektual juga sebagai tempat untuk siswa belajar membiasakan diri berperilaku yang baik. sehingga ketika sudah keluar dari sekolah sudah menjadi pribadi yang lengkap yaitu yang pintar secara intelektual dan baik secara moralnya.

apa sebenarnya yang ditakutkan siswa dari tata-tertib..? jawabannya adalah sanksi yang menjadi konsekuensi apabila siswa melanggar tata tertib. siswa harus mengerti bahwa sebenarnya tidak ada sanksi yang dibuat diluar batas kemampuan dan nilai moralitas siswa.

terkadang tata tertib memang menjadi penghambat bagi siswa untuk mengeksplor kemampuan dan bakatnya ketika cara berpikir mengenai tata tertib tidak tepat. sehingga siswa tersebut terlihat seperti tertekan dan terlalu hati-hati ketika berada di sekolah. tentunya ini tidak baik juga bagi siswa tersebut. maka dari itu pemberian pemahaman yang tepat dan menyenangkan sangat penting bagi siswa.

berikut ini saya postingkan CONTOH TATA TERTIB SEKOLAH.

sekian semoga bermanfaat.. mohon tuliskan saran dan kritiknya untuk saya jadikan modal mengembangkan diri saya dalam menulis.

No comments:

Post a Comment