Read more: http://bloggy-tutorial.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-meta-keyword-di-blogspot.html#ixzz2S903Id9x Under Creative Commons License: Attribution

Monday, October 17, 2016

pentingnya rasa percaya diri bagi pelajar


pernahkah kamu merasa tegang ketika harus tampil di depan orang banyak..?
pernahkan kamu tiba-tiba gugup ketika guru menunjuk untuk maju ke depan kelas padahal kamu belum tahu akan diperintahkan apa oleh guru..?

kenyataannya hampir semua siswa pernah mengalami hal di atas. hal tersebut sering disebut dengan krisis percaya diri. krisis percaya diri ini sebenarnya merupakan hal yang manusiawi selama tidak terus menerus dialami oleh siswa. akan tetapi krisis percaya diri akan menjadi suatu gangguan apabila selalu muncul dan tidak terkontrol. bahkan apabila sangat krisis bisa menyebabkan si penderita tidak mau bergaul dengan orang lain atau teman.

mengapa percaya diri sangat penting bagi pelajar..?

banyak ahli berpendapat bahwa percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan dalam mengeksplorasi segala kemampuan yang ada dalam diri. dengan percaya diri seseorang akan mampu mengenal dan memahami diri sendiri, sehingga potensi yang ada dalam diri bisa berkembang dengan optimal. sebaliknya orang yang kurang percaya diri dapat menghambat pengembangan potensi diri.

mengapa bisa begitu..?
karena orang yang kurang percaya diri cenderung pesimis dalam menghadapi tantangan, bimbang dalam menentukan pilihan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan dan suka membanding-bandingkan dengan orang lain.

bagi pelajar rasa percaya diri sangat penting sebagai penunjang untuk menghadapi proses belajar sebagai upaya mengembangkan diri dalam menghadapi masa depan yang cerah. dapat diartikan bahwa akan lebih mudah menjalani proses belajar di sekolah dan ada kemungkinan harapan masa depan yang lebih cerah.

lalu seperti apa pelajar yang percaya diri itu..?

secara umum seseorang dikatakan percaya diri apabila:
  • menyadari kemampuan yang ada pada dirinya
  • merasa bisa melakukan karena memiliki pengalaman
  • menghargai diri sendiri atau menciptakan kesan yang baik pada diri sendiri
  • berusaha mengembangkan bakat dan kemampuan yang ada dalam diri
  • mampu melihat kenyataan dan memiliki angan-angan, harapan atau tujuan yang sesuai dengan kapasitas atau kemampuan diri

sebenarnya siswa yang percaya diri dapat diamati atau dinilai dari sikap dan perilaku yang ia tuntukkan. seperti apa ciri-ciri orang yang percaya diri. orang yang perya diri memiliki ciri yang spesifik, yaitu:
  • bertanggung jawab terhadap keputusan yang dibuat sendiri
  • mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru
  • menerima keadaan diri sendiri dan memiliki harapan yang realistis
  • menghargai diri sendiri secara positif
  • tidak mementingkan diri sendiri
  • yakin dengan kemampuan diri sendiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain
  • berani bertindak dan mengambil setiap kesempatan yang ada
  • memiliki motivasi yang tinggi mau bekerja keras untuk mencapai tujuan
  • optimis, tenang dan tidak mudah cemas
  • mengerti kekurangan orang lain dan bersikap toleran terhadap orang lain

dari ciri-ciri diatas dapat dipahami bahwa orang yang percaya diri adalah orang yang mandiri, yaitu orang yang berdiri sendiri tanpa tergantung pada orang lain sepenuhnya. jadi orang yang percaya diri bukan tidak perlu bantuan orang lain, tetapi dia tahu kapan harus meminta bantuan orang lain dan kapan harus dia lakukan orang lain. 

selain itu orang yang percaya diri selalu melihat sesuatu dari sudut pandang yang positif (baik) serta bisa mensikapinya dengan benar. dia memiliki ambisi yang normal sesuai dengan kemampuannya, selalu bersemangat, tidak mudah menyerah dan mampu mengendalikan diri. maka orang yang percaya diri tidak mau melakukan kecurangan atau menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. misalnya, belajar dengan tekun agar lulus ujian, bukan mengharapkan contekan teman atau mencari bocoran soal.


lalu bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri bagi remaja..?


perlu diingat rasa percaya diri tidak bisa muncul begitu saja dalam diri seseorang, dia membutuhkan proses belajar. berikut beberapa upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri..
  • kenali segala kemampuan dan kekurangan dalam diri. gali segala potensi yang ada dalam diri, sadarilah sesuatu yang lebih dalam diri lalu berusahalah untuk mengembangkan segala yang belum dikembangkan.
  • jujur terhadap hasil yang diraih. sadarilah segala hasil yang kamu dapatkan, biarpun hasil itu besar ataupun kecil. perlu disadari bahwa seburuk apapun hasil yang diraih merupakan hasil proses belajar kamu. dari situ kamu bisa mengevaluasi usaha kamu. mengapa demikian, karena ketika seseorang hanya bisa melihat dari sisi kekurnagan di dalam dirinya saja, bisasanya akan muncul pikiran-pikiran dan keinginan yang tidak realistis atau berlebihan. misalnya, andai saja saya pandai, andai saja saya cantik dll. 
  • berusahalah menerima diri apa adanya dan belajarlah untuk bersikap seimbang dalam menelaah sisi kelebihan dan kekurangan. misalnya, saya memang tidak terlalu pintar dalam pelajaran matematika, tapi setidaknya saya pintar dalam pelajaran seni budaya dan saya siswa yang rajin di kelas. misalnya, saya tidak memiliki perlengkapan sekolah sebaik teman-teman saya, tapi setidaknya saya memiliki semua yang diperlukan untuk sekolah.
  • banggalah kepada diri sendiri. kita memang jangan saja membanggakan bakat atau keahlian kita, tetapi kita juga harus melihat sesuatu dalam diri kita yang membuat diri kita istimewa. misalnya; rasa humor, rasa kasih sayang, peduli terhadap teman, dll. dengan begitu kita akan menyadari bahwa diri kita sebenarnya merupakan individu yang istimewa.
  • fokus pada pikiran-pikiran yang positif. perlu diketahui pikiran-pikiran negatif akan membuat kita merasa cemas, kecemasan ini akan menurunkan rasa percaya diri kita. misal ketika kita kan ujian nasional, rasa takut tidak lulus bisa saja muncul. tetapi kalau kita kalau kita berpikir bahwa apabila kita belajar dengan sungguh-sungguh pasti saya bisa menghadapi soal-soal yang akan dikerjakan, dan saya akan lulus.
  • perkaya diri dengan banyak pengetahuan. pengetahuan yang banyak akan membuat kita merasa percaya diri, karena kita akan merasa siap menghadapi apapun tantangan yang akan kita hadapi.
  • buatlah jaringan pendukung yang positif. berada diantara orang-orang yang membuat kita selalu bergembira dan bahagia akan membuat kita menjadi lebih merasa bersemangat. batasi bergaul dengan  orang-orang yang membuat perasaan anda tidak baik. 
  • biasakan duduk di bangku depan atau yang mudah diamati oleh guru. secara tidak sadar kita akan membiasakan diri dan membentuk ketahanan kita terhadap tekanan dan perasaan was-was. hal ini penting dalam membentuk rasa percaya diri.
  • biasakan diri berperilaku baik dan peduli dengan teman. dengan berperilaku baik dan peduli kita akan merasa bahwa kita berguna bagi orang lain, dan orang lain menerima kita apa adanya.
  • tingkatkan motivasimu. untuk menjadi percaya diri, kamu harus memacu motivasimu. mengapa ini penting..? karena motivasi merupakan keyakinan untuk tetap berhasil walaupun sulitnya usaha yang harus dihadapi.
  • jangan pernah bimbang dalam menentukan langkah atau tujuan. perasaan bimbang akan membuat usaha kita menjadi setengah-setengah, sehingga hasil yang akan kita raihpun sudah pasti tidak sempurnya. jadi cobalah untuk memilih keputusan yang efektif dan tidak ragu-ragu dalam memutuskan. tetaplah untuk berpikir logis agar mampu menganalisa beberapa pilihan yang dapat dijadikan keputusan nantinya.
mungkin ini saja tulisan saya. perlu diingat..?
  • rasa percaya diri tidak bisa muncul apabila tidak ditumbuhkan sendiri
  • rasa percaya diri akan hilang apabila tidak bisa memeliharanya
  • rasa percaya diri yang tidak berkembang akan membuat kita menjadi manusia yang tidak berkembang pula.
jadi berusahalah untuk meningkatkan rasa percaya diri.. semoga bermanfaat..

berikut saya sertakan materi presentasi powerpoint dan RPL

  • materi presentasi powerpoint
  • RPL, rangkuman materi dan evaluasi

No comments:

Post a Comment